Thursday, September 1, 2016

Smartwatch pertama di dunia

Saat ini di pasar gadget sudah beredar banyak smartwatch. Mulai dari Apple Watch, LG Watch Urbane, hingga Moto 360. Tapi tahukah Anda smartwatch paling awal yang diciptakan di muka bumi ini?

Samsung adalah pihak di balik terciptanya gadget pergelangan tangan pertama di dunia ini. Watchphone, sebutan yang lebih tepat daripada smartwatch, dengan nama SPH-WP10 ini diciptakan di tahun 1999 karena terinspirasi oleh film-film fiksi ilmiah. Dari desain, tampaknya smartwatch ini terilhami oleh film seperti Star Trek dan sejenisnya.

Untuk masalah spesifikasi, jangan bandingkan dengan smartwatch masa kini. Yang pasti, produk ini adalah wireless terminal terkecil dan paling ringan di jamannya. Dengan bobot sekitar 50 gram serta ketebalan 2 sentimeter, Samsung SPH-WP10 ini punya sebuah antena yang menonjol keluar.

Perangkat ini bisa dibilang sebuah ponsel mini yang menempel di pergelangan tangan. Anda bisa melakukan panggilan hingga 90 menit hingga baterai habis. Tampilannya pun masih menggunakan layar LCD monochrome, serta tombol fisik untuk mengakses menu-menunya. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi salah satu kontak dengan perintah suara. Sementara untuk menulis teks atau nomor terasa menyulitkan karena kecilnya perangkat ini.



Sayangnya, pasar saat itu tidak melihat Samsung SPH-WP10 sebagai produk terbaik. Mungkin karena tampilannya yang terlihat aneh serta kontrol untuk menulis yang bikin frustasi.

No comments:
Write comments